Kamis, 11 Agustus 2011

Bakti Sosial dan Bukber di LAPAS Jombang


Satu lagi kegiatan sosial yang di adakan oleh MANTambakberas Jombang. Bertetapan dengan bulan yang berlimpah berkah ini, MANtambakberas bekerjasama dengan Alha-raka Jombang mengadakan kunjungan bakti sosial di Lembaga Pemasyarakatan anak di Jombang. Kegiatan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari seminar HAM yang telah di selenggarakan di MANTambakberas bulan Mei lalu. Sedikit merujuk, seminar tersebut membahas tentang Hak-Hak Kemanusian yang sudah menjadi kodrat setiap manusia dan membahas kasus-kasus HAM yang terjadi di sekitar kita. Pesertanya pun di batasi untuk memaksimalkan forum diskusi dalam acara, yakni 100 siswa-siswi yang telah diseleksi.
Dari seminar HAM tersebut mulai tumbuh kesadaran dan keprihatianan dikalangan siswa pada teman-teman seusia kita yang berada di LAPAS. Hak-hak yang seharusnya menjadi wadah mutlak bagi mereka perlahan mulai terabaikan, termasuk hak mendapatkan pendidikan dan perlindungan. Mereka adalah korban dari berbagai faktor, seperti lingkungan, keluarga dan media. Alasan ini yang memutar balik pandangan masyarakat yang memvonis mereka sebagai pelaku kejahatan.
Bantuan yang disumbangkan merupakan bantuan yang dikumpulkan dari seluruh siswa-siswi dan dewan guru MANTambakberas, bantuan diterima dalam bentuk uang dan buku. Buku menjadi barang yang sangat beharga bagi mereka, mengingat keterbatasan ruang wawasan bagi mereka. Buku yang disumbangakn sebanyak dua dus, juga beberapa dus mie instan dan sarung. Moment bulan Ramadhan ini tentu tak di lewatkan begitu saja, berbuka puasa bersama merupakan agenda utama sekaligus bertujuan untuk menjalin dan mengenal mereka lebih dekat.


Kedatangan MANTambakberas disambut baik oleh pihak LAPAS. Dari MAN ikut serta H.Ach.Ahsan Sutari,M.Pd selaku kepala Madrasah, bersama dengan Waka Humasy Dra. Nida’us Sa’adah, Waka Kesiswaan Dra. Maslachah Ammah dan Waka Kurikulum H M. Ilyas, 5 Siswa (Arik, Faruq, Ilmi, Imron, Alawy) dan 5 Siswi (Ria, Sinta, Vita, Faza, Putri) sebagai perwakilan siswa-siswi MANTambakberas. Adapun dari pihak Alha-raka yang turut serta adalah Muslimin Abdillah dan Zainul. Serta dari pihak LAPAS Kuswiyanto beserta satu orang staf-nya.
“Ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat baik, terlebih di bulan yang penuh berkah ini. Sekaligus menjadi bentuk kepedulian kami kepada anak-anak yang ada disini. Dan semoga kegiaatan ini bisa menjadi motifasi bagi kalian sehingga dapat menjadi lebih baik lagi, sekaligus untuk melatih anak-anak di Madrasah agar lebih peka pada keadaan sekitar” Ujar Kepala Madrasah dalam sambutannya.
Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi berbagai pihak tentang pentingnya kepedulian kita terhadap mereka yang sebenarnya sangat membutuhkan. Dan semoga rahmat selalu terlimpah untuk kita dibulan yang suci ini. Amin . (vita)

0 komentar:

Posting Komentar