Kamis, 11 Agustus 2011

Seminar Hak Asasi Manusia


APYN (Asia Pasific Youth Network ) : Upaya berjejaring melalui pelatihan HAM.
Satu kegiatan penting berskala internasional diselenggarakan di MAN Tambakberas. Agenda tersebut merupakan program rutin yang disponsori oleh Amnesty International yang berbentuk Sosialisasi HAM (Hak Asasi Manusia) dalam wujud kegiatan APYN (Asia Pasifik Youth Network), sebuah jejaring kaum muda di Asia Pasifik yang intens menyuarakan isu-isu HAM.
Kegiatan ini sebenarnya agenda tahunan AI dan biasanya diadakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta di sekolah-sekolah menengah umum.
Merupakan sebuah kebetulan luar biasa jika saat ini acara yang sama diadakan di sebuah sekolah menengah di lingkungan pesantren di kota kabupaten seperti MAN Tambakberas ini.


Adalah Al Haraka, sebuah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang isu-isu pemberdayaan masyarakat kecil di kota Jombang yang mengantarkan jejaring ini memasuki wilayah pendidikan pesantren. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan karena direktur Alharaka, Muslimin Abdilla adalah jebolan pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas.
Alharaka merupakan mitra Amnesty Internasional yang diajak bekerjasama mengadakan kegiatan ini di lingkungan kaum muda di Jombang berdampingan dengan beberapa mitra lain di Salatiga dan kota-kota besar lain. Menurut Muslimin, forum ini diorientasikan untuk membentuk komunitas yang berjejaring dengan kaum muda di sekitar Asia Pasifik melalui dunia maya. Komunitas ini intens menyuarakan isu2 HAM di negara masing-masing lewat milis, facebook, twitter dll. Di antara mereka ini ada beberapa peserta yang mendapat kesempatan untuk mengunjungi negara lain yang tergabung dalam APYN.

Para peserta yang terdiri dari para siswa kelas X dan XI sebanyak sekitar 80 orang diberi materi tentang Sejarah HAM, Ansos (Analisis Sosial), Your Right (Seputar Hak Anak) dan Rencana Tindak Lanjut (RTL). Dari sekian banyak peserta terpilih sebagai peserta aktif adalah Mohammad Khafi (X1) dan Regina (XI IPA3).

Menurut Vita dan Arik, panitia pelaksana kegiatan ini, rencana tindak lanjut dari forum ini adalah kunjungan ke LAPAS anak untuk memberikan sumbangan buku sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap mereka yang kurang beruntung. (ned)

0 komentar:

Posting Komentar